NyanOnta

Sharing | Learning | Tips& Trick |Android | Games

Thursday, 21 January 2016

Mengenal Suku Kanibal DiIndonesia

korowai nyanonta

Asalamualaikum wr.wb ,  Artikel kali ini saya akan berbagi cerita tentang indonesia yang mempunyai suku Kanibalisme . Suku kanibal dari indonesia yang berada di hutan pedalaman papua . suku ini masih bersifat misteri karena ke kanibalannya . Banyak para journalist yang berwisata kesana dan tinggal selama beberapa hari untuk meneliti . Yo mari kita mengenal suku korowai .


Bermisteri - Di pedalaman Papua, Indonesia terdapat suku yang berpopulasi sekitar 3000 orang. Suku Korowai adalah nama dari suku tersebut. Suku Korowai merupakan salah satu suku di daratan Papua yang tidak menggunakan koteka. "Rumah Tinggi" adalah tempat tinggal mereka yang dibangung di atas pohon yang ketinggianya dapat mencapai 50 meter dari permukaan tanah.
korowai papua, suku kanibal, bermisteri.
Rumah Pohon Suku Korowai

Di sebelah selatan pulau Papua terdapat kawasan yang memiliki luas sekitar 600Km persegi yang didiami oleh suku Korowai. Suku ini adalah satu-satunya suku yang dikenal dengan kalibalisme yang diyakini masih tersisa hingga saat ini. Kebanyakan dari mereka tinggal di rumah pohon yang sangat tinggi yang dikenal dengan nama "RUMAH TINGGI". Sejak tahun 1980 sebagian dari suku Korowai telah berpindah tempat ke desa yang baru dibuka.

Keberadaan suku Korowai itu sendiri baru diketahui keberadaanya pada tahun 1970-an lalu oleh seorang misionaris Kristen yang datang dan mulai menjalani hidupnya ke desa suku Korowai. Lalu mereka mempelajari bahasa yang dikenal Awyu-Dumut, sebuah bahasa dari wilayah tenggara Papua.

Telah banyak peneliti dan antropologi barat yang berkunjung kepemukiman suku Korowai tersebut. Akan tetapi ada satu kunjungan yang paling fenomenal yang dilakukan oleh seorang jurnalis bernama Paul Raffaele. Paul Menetap selama empat hari dan dia menceritakan pengalamanya tersebut melalui majalah Smithsonian pada Mei 2006.

Di dalam majalah tersebut Paul menjelaskan bahwa suku Korowai memiliki kebiasaan memakan daging manusia, meskipun hal tersebut jarang dilakukan. Konsumsi sehari-hari mereka adalah hasil alam seperti sagu, pisang, palem, pakis, dan hewan yang dapat diburu. Untuk memenuhi nutrisi mereka, suku Korowai memakan larva kumbang.



Ternyata, kebiasaan kanibalisme mereka sudah mulai berkurang ketika mereka mengenal dunia luar. Berdasarkan kepercayaan mereka, suku Korowai tidak akan memakan daging manusia secara sembarangan. Mereka hanya membunuh manusia yang dianggap melanggar aturan dalam kepercayaan mereka. Bagi mereka yang diketahui sebagai dukun atau tukang sihir, maka akan dibunuh lalu dimakan.
Suku Korowai Memegang 2 tengkorak manusia
Bagi mereka,  kanibalisme sangat penting dalam dunia ghaib. Seperti kepercayaan suku Korowai yang dilakukan sebagai sistem dari peradilan pidana mereka. Terlepas dari itu semua, ternyata keunikan cara hidup yang mereka anut, membuat daya tarik yang luar biasa terhadap agen pariwisata indonesia.


Berikut foto foto suku korowai 








5 comments:

  1. wahh ternyata masih ada ya suku kanibal di indonesia . tapi untungnya tradisi kanibalnya sudah mulai berkurang

    ReplyDelete
  2. wah jadi ngeri bayanginnya ternyata praktek kanibalisme masih ada di indonesia nice info gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama gan :D hehe , gak usah ngeri bro , ente berkunjung kesana juga gak apa apa namun harus ada izin dulu

      Delete