Metode Belajar Coding Untuk Anak


Coding itu bisa di bilang pekerjaan bisa di bilang hobi , pengertian coding sendiri sih menurut saya itu pekerjaan yang bersangkut paut dengan code pemrograman atau bahasa pemrograman . Pada topik kali ini saya akan membahas bagaiman cara mengenalkan anak dengan coding , Coding sendiri pada umum nya bebas di pelajari siapa saja boleh belajar coding .

Susah gak sih mengenalkan bahasa program kepada anak anak ?? 
 Jawaban saya tidak susah itu tergantung pada anda sendiri bagaimana menyikapi anak anak dan mengajari anak anak untuk mengenal apa itu coding dan apa itu bahasa program , Hanya saja kita yang harus mendukung si anak gar tidak menyerah ketika belajar pemrograman . 

Pengenalan coding untuk anak apa kah ada postive nya ? 
Tentu saja ada postive nya , kenapa saya bilang ada postive nya ? karena di usia anak anak harus banget di ajarkan dengan yang berbau postive seperti coding ini , siapa tahu suatu saat si anak menjadi programer handal yang bisa membuat perusahaan perangkat lunak  , Dari pada anak di kasih fasilitas internet tanpa pengawasan dan tidak di di kenalkan dengan hal postive di internet ujung ujungnya pasti rasa penasaran akan menjerumuskan ke hal negative . 

Buat lah anak anak nyaman belajar coding , bagaimana caranya ? 
 Caranya adalah dengan membuat mereka tidak merasa bosan dengan coding salah satunya sambil di bimbing dan di perpadukan dengan sistem pembelajaran game yang berbau coding . 

Tetap lah bibing anak anak dengan sabar dan penuh dukungan terhadap si anak agar tidak menyerah di persimpangan jalan .

Dimana saya bisa mengenalkan anak anak belajar coding ?  , Tentunya banyak situs di internet tentang pembelajaran Coding untuk anak dan website tertera di bawah 

Berikut daftar website : 

Scractch 

scractch adalah applikasi pembelajaran program offline , scractch sendiri adalah sebuah applikasi program untuk anak yang didesain mengacu pada pembuat animasi bergerak yang melalui coding , dan sangat mudah di gunakan . Scractch sendiri tidak membuat bosan , karena tampilan scracth sendiri penuh warna dan character animasi yang bisa di gerakan dengan coding .



Khan Academy 
khan academy adalah applikasi pembelajaran berbasis online atau versi web nya , khan tersendiri di khususkan untuk belajar program secara gratis selamanya dan untuk semua orang bisa belajar di khan academy dan bukan itu juga khan academy juga menyediakan video tutorial yang di unggah di websitenya. Cocok sekali buat anak anak yang ingin belajar tentang coding di khan academy 


Kodable 
Kodable juga tidak kalah keren dengan applikasi di atas , kelebihan kodable sendiri adalah bisa bermain game dengan sistem pembelajaran program dengan game , jadi sangat cocok banget untuk anak anak dan lebih ampuh buat memikat hati anak anak dengan belajar coding + game .

Tynker
tynker applikasi pembelajaran yang mengarah pada pembuatan game ,Tynker menyediakan 6 fasilitas pembuatan applikasi yaitu , Code Robots | Build Apss | Explore Stem | Mod Mine Craft | Code Drones | Build Games . ke enam applikasi ini adalah features dari tinker . Buat kalian yang mempunyai anak bisa belajar melalui website tynker .

w3school 
W3school adalah applikasi programan berbasis website yang mengarah pada pembelajaran HTML 5 , java , css dll . Pada dasarnya applikasi ini umum siapa saja boleh menggunakannya dan termasuk anak anak kalau menurut saya . Di w3school banyak fasilitas pembelajaran seperti css , sql php dan cara menggunakan Bootstrap & jquery . 

Youtube 
Kenapa youtube ? karena youtube adalah sebuah metode pembelajaran yang sangat cocok untuk anak anak belajar dan memahami apa itu coding karena di youtube banyak berbagai macam video , dan saya saran kan untuk belajar program , coding bisa melalui youtube dengan menonton video video pemrograman belajar coding .





11 Responses to "Metode Belajar Coding Untuk Anak "

  1. mantap gan, sekarang untuk belajar jadi gampang

    ReplyDelete
  2. kren nih artikelnya gan sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. mantap ne buat ngjarin adek saya

    ReplyDelete
  4. perlu ini..karena kalau anak sudah kelihatan bakat dan kemampuannya, kenapa gak diarahkan dengan baik...moga moga bisa jadi coder terhebat...

    ReplyDelete
  5. belajar sesuatu yang serius dengan kemasan menyenangkan belajar koding dengan youtube

    ReplyDelete
  6. Wah mantap gan, thanks gan untuk sharingnya, sangat bermanfaat ..

    ReplyDelete
  7. iya penting juga ngenalin coding buat anak. biar ga main internet aja kerjaannya, biar ada positif2nya

    ReplyDelete
  8. Wah, ternyata sudah ada ya caranya. Kerenn gan

    ReplyDelete
  9. Diantara semua sih ane baru tau w3school dan sempat belajar jg disana. Saran tambahkan Sololearn gan soalnya itu jg salah satu media utk belajar coding, thanks gan

    ReplyDelete
  10. saya aja blom bisa gan, masa udah ngajarin anak
    yang jadi masalahnya lagi, saya aja blom nikah gimana mau punya anak hahaha
    nice share gan, keep posting!

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel